Makan Durian di Warso Farm

warso-farm

Hai teman-teman, siapa nih yang suka sama durian? Terus siapa juga yang suka menghabiskan akhir pekan di Bogor?. Kalau jawaban keduanya adalah iya atau suka berarti cocok nih kalau sewaktu-waktu main ke Warso Farm. Soalnya Warso Farm itu merupakan tempat agrowisata berupa kebun durian yang terletak di Bogor. Kalau ke Warso Farm, dua-duanya jadi dapet deh yaitu makan durian di Bogor yang sejuk.

Kebetulan nih pada libur lebaran kemarin, saya dan keluarga menyempatkan diri untuk menikmati agrowisata di Warso Farm. Kami memilih tempat tersebut karena letaknya yang dekat dan masih di daerah Bogor. Kemudian sebagian anggota keluarga memang penyuka durian, jadi sekalian deh jalan-jalan ke sana. Kalau saya pribadi memang tidak suka dengan duren, mencium baunya saja sudah pusing. Tapi karena lokasinya merupakan agrowisata, saya masih bisa menikmati suasananya meskipun tidak memakan durian.

Ada apa saja di sana dan apa yang bisa dilakukan saat mengunjungi Warso Farm? Supaya lebih mudah, saya tuliskan dalam bentuk point-point saja ya.

  1. Tentu Saja Ada Durian di Warso Farm

Kalau ke Warso Farm tentu tujuan utama bagi pecinta durian adalah menikmati buah durian yang dihasilkan oleh Warso Farm. Sewaktu saya dan keluarga ke sana, kami pikir buah durianya dapat dipetik sendiri. Tetapi ternyata, buah durian sudah disediakan di suatu ruangan dan pengunjung harus memesan terlebih dahulu agar tidak kehabisan. Harga buah durian bervariasi tergantung ukuran, hanya saja saya lupa menanyakan kisaran harganya karena keburu keluar dari ruangan lantaran tidak tahan dengan bau durian yang menyengat.

warso-farm

  1. Berfoto Ria

Nah, namanya juga kebun, pasti banyak spot foto menarik untuk diabadikan baik selfie maupun wefie. Di pintu masuk terdapat patung buah duren dan buah naga berukuran besar. Ini menjadi spot pertama bagi kami untuk berfoto. Oh iya selain buah duren di Warso Farm juga terdapat kebun buah naga. Sayangnya saat ke sana buah naganya belum berbuah.

Spot foto menarik lainnya dapat kita temui setelah berjalan ke atas ke arah kebun. Suasana hijau nan sejuk dengan latar belakang kebun dan bukit membuat sebuah background yang tidak kalah menarik juga lho. Terus jangan lupa ya untuk mengabadikan diri bersama buah durian yang masih ada di pohonnya, tapi jangan dipetik lho.

warso-farm

  1. Menikmati Hidangan Khas Sunda

Bagi teman-teman yang tidak terlalu suka duren seperti saya, jangan khawatir. Di Warso Farm juga menyediakan menu lain salah satunya adalah menu khas sunda yang ada di restorannya. Waktu kami ke sana, kami memesan ayam bakar dengan menu lalapan yang pastinya tidak ketinggalan. Di makan saat siang hari jadi terasa nikmat deh apalagi dinikmati bersama keluarga. Selain itu ada juga tempat menjual cemilan seperti burger, sosis, dan otak-otak yang dapat dipilih sebagai cemilan yang letaknya di sekitar restoran dan di area menuju kebun.

warso-farm

  1. Menikmati Aneka Olahan Duren

Nih bagi pecinta durian, di sekitar restoran ada menu olahan durian berupa sop durian, es krim durian, dan aneka surabi durian. Andaikan saya suka salah satunya, bisa langsung dibeli deh hehe. Aneka olahan ini terletak di sekitar restoran dan juga toko saat menuju kebun. Tinggal dipilih mau ngemil apa atau mau ngemil semuanya juga boleh.

warso-farm

  1. Piknik di Tengah Kebun

Barangkali ada keluarga yang membawa bekal dan ingin piknik di sana sepertinya bisa karena area kebun cukup luas. Kalau mau piknik sebaiknya di area kebun duren karena lebih rimbun, sedangkan di area kebun buah naga lebih terbuka sehingga akan terasa panas kalau menggelar karpet di sana.

Walaupun kita membawa bekal sendiri, sebaiknya tetap membeli makanan atau sesuatu yang ada di Warso Farm ya soalnya pengunjung yang masuk ke Warso Farm ini tidak dikenakan biaya. Lalu dari mana Warso Farm memperoleh keuntungan untuk biaya operasionalnya? Ya dari sumbangsih kita untuk membeli produk-produk yang ditawarkan di sana, begitu teman-teman.

warso-farm

  1. Belajar Budidaya

Namanya juga agrowisata, selain menikmati keindahan alam kita juga bisa belajar budidaya tanaman durian dan juga buah naga. Siapa tau kan belum pernah ada yang melihat bagaimana penampakan kebun durian dan bagaimana buah naga dihasilkan. Nah, di Warso Farm semua bisa didapatkan, belajar budidaya tanaman durian serta buah naga.

warso-farm

  1. Menambah Motivasi

Sejak berada di pintu masuk, saya sudah memperhatikan tag line yang ada di Warso Farm yaitu Long Life Education. Ada visi misi tertentu yang ingin disampaikan oleh Warso Farm untuk para pengunjungnya, mungkin supaya lebih termotivasi lagi. Soalnya di beberapa tempat terlihat ada quote-quote menarik yang dapat menambah motivasi agar lebih semangat lagi. Bagi saya pribadi, saya merasa bahwa sosok Pak Warso sebagai pemilik Warso Farm ini merupakan sosok yang inspiratif. Dia seorang pensiunan jenderal yang berhasil membuat kebun sebagai sarana agrowisata. Kalau Pak Warso saja bisa, masa saya yang seorang penyuluh pertanian tidak bisa ya hehe.

warso-farm

Nah itu adalah beberapa hal yang dapat dilakukan serta hal-hal apa saja yang dapat ditemukan saat mengunjungi Warso Farm. Untuk mengunjungi Warso Farm cukup mudah karena letaknya tidak terlalu jauh dari Terminal Baranang Siang Bogor. Cukup masuk ke arah jalan Batu Tulis Bogor lalu ke Kecamatan Cijeruk maka Warso Farm dapat ditemukan. Jangan khawatir juga jika pergi ke sana karena fasilitasnya lengkap, seperti mushola dan fasilitas umum lainnya.

Yuk berlibur ke Bogor, sekali-kali liburannya jangan ke arah puncak terus karena Bogor itu luas. Happy weekend ya teman-teman.

Warso Farm

Jl. K. H. Halimi, Cipelang, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat 16740

Related Post

7 Comments

  1. Reply

    Ini mah aku doyan bangeet teh duren.. tp yg bikin aku agak mikir, itu kan pada leyeh2 dibawah pohon ya, apa gak takut ada duren jatoh teh? Atau boleh leyeh2 pas gak ada buahnya?

  2. Reply

    dari duu udah niat pengen ke Warso Farm, kenapa nggak jadi mulu ya…
    salah satu anakku nggak suka duren sih…

  3. Reply

    Blom kesampaian ke mari gegara orang rumah pada ngira ada durian doang ev, kushare yaaa linknya Hihihi Makasih saaay..

  4. Reply

    Nah belajar berbudidaya mungkin bisa menambah ilmu jika berkunjung kesini, jadi ga sekedar rekreasi mata dan perut aja. Otak pun mendapat oleh oleh dibawa pulang

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *