Perlengkapan Digital untuk Traveling

traveling

Halo sobat evventure, menjelang akhir tahun aroma liburan semakin menggoda nih. Sudah menyiapkan daftar liburannya kah? Kalau saya sudah menyiapkan, semoga dapat terealisasi. Aamiin. Inginnya sih agak jauh dari Bogor supaya bertambah pengetahuan dan pengalamannya. Lalu ketika pulang ke rumah dan bekerja kembali, sudah fresh lagi deh pikirannya.

Di tulisan ini saya ingin sharing perlengkapan atau apa saja yang digunakan ketika sedang melakukan perjalanan. Namun perlengkapan yang saya maksud di sini adalah perlengkapan yang terkait dengan informasi geospasial karena kalau perlengkapan standar traveling umumnya sudah pada tau ya.

Mengapa informasi geospasial ini penting untuk diketahui oleh seorang traveler? Ya namanya juga pejalan yang suka menjelajah dari satu tempat ke tempat lainnya maka diperlukan informasi seperti di mana letak tempat yang hendak dituju hingga bentuk lokasi tersebut, paling tidak itu yang saya rasakan ketika sedang menjadi seorang traveler.

Oh iya, apa sih informasi geospasial itu? menurut Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011, geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.Sedangkan objek yang dapat dilihat secara langsung atau diukur dari kenampakan fisik di muka bumi dan yang tidak berubah dalam waktu yang relatif lama disebut sebagai Informasi Geospasial Dasar (IGD).

Jadi, kalau misalnya kita sedang melihat bentuk permukaan bumi atau penampakan suatu negara bahkan penampakan daerah tertentu itu termasuk ke dalam IGD. Di Indonesia, badan yang berwenang dalam penyelenggaraan informasi geospasial, khususnya IGD adalah Badan Informasi Geospasial (BIG) yang bertugas mengkoordinasikan standarisasi data dan informasi geospasial. Sehingga dengan adanya BIG, tumpang tindih informasi kebumian yang menimbulkan ketidakpastian hukum dan kerusakan lingkungan dapat dihindari.

Oke sudah paham kan apa itu geospasial, sekarang saya ingin sharing tentang perlengkapan digital yang saya gunakan saat traveling dengan memanfaatkan informasi geospasial agar kegiatan traveling menjadi lancar serta nyaman.

Peta

Dulu sebelum ada smartphone, saya sering membawa peta dalam bentuk Atlas ketika traveling. Hal itu bermanfaat untuk membantu saya menemukan lokasi atau berjaga-jaga ketika hendak turun atau berhenti di suatu tempat. Nah, sekarang karena sudah lebih canggih, saya menggunakan peta digital melalui smartphone saat menuju tempat baru yang lokasinya belum saya ketahui. Dengan menggunakan peta, kemungkinan tersesat dapat diminimalisir sekaligus saya dapat mencari tempat yang dituju tanpa harus bertanya dulu ke orang lain.

Di smartphone terdapat peta digital dari beberapa aplikasi yang dapat digunakan. Ada salah satu aplikasi dari BIG yang dapat diunduh gratis melalui playstore, namanya adalah Geospasial Indonesia yang dapat digunakan untuk mengetahui lokasi di tempat kita berada atau mencari tempat lainnya. Hal tersebut bermanfaat sekali saat kita melakukan traveling.

Di bawah ini adalah contoh gambar saat saya menggunakan aplikasi Geospasial Indonesia untuk mengetahui posisi saat berada di Cirebon, tempat yang belum saya ketahui sebelumnya.

geospasial-indonesia

Sedangkan gambar di bawah ini adalah saat saya berada di Singapore mengakses peta digital dengan menggunakan aplikasi lainnya:

geospasial

Menentukan waktu shalat dan arah kiblat dengan aplikasi

Menjaga waktu shalat saat sedang traveling adalah satu hal yang wajib saya lakukan. Maka ketika sudah tiba di penginapan atau suatu tempat yang mengharuskan saya untuk shalat, saya akan menggunakan aplikasi yang terdapat pada smartphone guna menentukan arah kiblat. Saat GPS yang ada di smartphone sudah hidup, aplikasi tersebut secara otomatis mencari arah kiblat yang membantu kita untuk menetukan arah shalat. Setelah itu, saya akan melihat waktu shalat sesuai dengan waktu setempat. Kalau sudah shalat, saya jadi merasa tenang untuk melanjutkan perjalanan atau aktivitas lainnya selama traveling.

geospasial

Menentukan posisi qiblat untuk shalat saat berada di negara lain, Kiri: saat berada di Korea Selatan, Kanan: saat berada di Singapore

geospasial

Mencari waktu shalat berada di negara lain

Membaca prakiraan cuaca

Sebelum keluar dari penginapan, saya akan membaca terlebih dulu bagaimana kondisi cuaca di tempat saya sedang berada. Manfaatnya adalah untuk menyiapkan apa saja perlengkapan yang harus dibawa serta bagaimana pakaian yang cocok untuk digunakan pada hari itu sebagai antisipasi agar saat melakukan penjelajahan menjadi nyaman tanpa gangguan.

geospasial

Nah itu adalah beberapa hal yang saya lakukan ketika sedang menjadi seorang traveler. Informasi geospasial sangat memudahkan saya dalam melakukan traveling terutama untuk kegiatan traveling yang waktunya sangat singkat sehingga harus pintar memanfaatkan waktu agar mengeksplore suatu wilayah dapat berjalan optimal.

Oke sekian dulu ya sharing dari saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa siapkan waktu traveling terbaiknya. Selamat berlibur.

     

Related Post

6 Comments

  1. Reply

    Yang terpenting buatku sekarang mah Google Map sama Kompas deh.
    kalo udah ada itu mau kemana mana juga ga bakal takut ke sasar dan pastinya bakal tau arah kiblat,, muehe

  2. Reply

    Bermanfaat banget ini mbak,,
    smga punya hape pas bisa traveling dan bisa akses ketiga perlengkapan geospasial tersebut, hheee
    Apalagi soal sholat itu, nentuin arah yang kadang bikin bingung saat berada di tempat baru, xoxooxoo heee

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *