From Adventure to Evventure

evventure

Halo teman-teman evventure, alhamdulillah akhirnya saya bisa update blog lagi setelah seminggu lebih rehat karena persiapan mudik hari raya. Tidak terasa waktu cepat berlalu, sekarang kita sudah kembali ke aktifitas normal setelah seminggu lebih merasakan liburan. Mumpung otak sudah sangat fresh, saya ingin mengupdate blog evventure dulu mengenai cerita behind the scene lahirnya blog ini.

Mengapa sejarah pembentukan blog evventure perlu dituliskan? Karena ada proses panjang menuju ke sana termasuk jasa para sahabat yang menyadarkan saya untuk fokus ngeblog sesuai nichenya. Ya sudah, inilah cerita lengkap sejarah terbentuknya evventure.com.

Awal Munculnya Ide Membentuk Blog Evventure

Awal munculnya ide untuk membuat blog baru ketika waktu itu saya tidak sengaja melihat beberapa foto di instagram. Lalu tiba-tiba saya stagnan di kumpulan foto instagram (IG) dapur ngebut milik Mbak Inna Iriana (@dapurngebut). Rupanya mbak Inna membuat satu akun IG lagi khusus untuk blog dapur ngebut yang Ia kelola. Kemudian saya kepo dan meluncur ke IG dapur ngebutnya. Saya melihat semua foto yang ditampilkan pada grid IG dapur ngebut berisi tentang masakan. Apa yang saya rasakan? yaitu tampilan foto yang rapih karena memiliki tema yang sama sehingga membuat saya betah berlama-lama melihat grid IGnya. Coba dibandingkan dengan IG personal @evrinasp, duh campur aduk, melihatnya ramai sekali. Semua foto masuk di IG tersebut, lalu saya mulai berpikir untuk memisahkan foto-foto supaya tidak tercampur dalam satu akun.

evventure

Grid milik Mbak Inna di @dapurngebut

Keterpukauan saya akan IG dapur ngebut kemudian saya bawa ke grup Asinan Blogger. Di situ saya mengatakan bahwa saya kagum dengan konsistensi Mbak Inna dalam mengelola akun IG nya serta blognya yang sesuai niche. Mbak Inna ini memiliki tiga blog lho, ada blog personal, parenting dan hobi memasak yang Ia kelola. Semuanya hidup. Saat itu ada Mbak Donna Imelda yang menanggapi, memang seharusnya bisa mengelompokkan jenis tulisan dalam blog serta foto-foto pada grid IG agar rapih sehingga orang yang melihatnya menjadi nyaman. Dari situ, keinginan saya untuk merapihkan blog serta akun IG semakin besar, akhirnya saya memutuskan untuk membuat satu blog lagi beserta akun IG khusus untuk kegiatan adventure.

Mengapa khusus adventure? Karena cerita tentang mendaki gunung melewati lembah cukup mendominasi blog personal yang saya kelola. Padahal, tag line blog evrinasp.com adalah Menghijaukan Bumi Melalui Tulisan, tapi kok lebih banyak tulisan jalan-jalannya daripada menghijaukan buminya, hayoooo. Supaya konsisten mengelola blog sesuai niche, akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog satu lagi khusus adventure.

Proses Terbentuknya Nama Evventure

Oke, saya sudah memiliki kepastian untuk membuat blog baru. Sekarang tinggal menentukan nama yang cocok untuk blog adventure ini. Waktu itu saya meminta saran ke teman-teman nama apa yang cocok untuk blog baru dengan tetap membawa nama saya sebagai author agar mudah diingat disandingkan dengan kata adventure.

Ide pertama datang dari Dani Rahmat yang menyatukan nama saya: evrina dengan kata adventure menjadi evventure.com. Awalnya mas bro Dani memberikan saran untuk menggunakan eventure saja tanpa double v, sayangnya setelah dicek mas bro ternyata nama tersebut sudah ada yang memiliki. Saran dari mas bro saya keep dulu karena ada masukan nama lainnya dari Mbak Sis Anne Adzkia, Mbak Lidya dan Mbak Orin.

Kemudian, saya juga meminta saran dari rekan-rekan Asinan Blogger yang waktu itu membuat saya tersenyum berkat ide yang dilontarkan. Saya meminta saran dari teman-teman Asinan karena sehari sebelumnya kami sedang membahas pemberian nama blog baru untuk Mbak Dwina. Berikut adalah deretan alternatif nama yang diberikan oleh rekan-rekan:

evventure

Akhirnya setelah berpikir panjang dan mendapatkan saran dari teman-teman serta pak suami, saya memutuskan untuk menggunakan ide nama dari Mas Bro Dani yaitu evventure.com. Terimakasih ya Mas Bro Dani atas idenya dan juga ide dari teman-teman yang turut merumuskan. Maaf kalau saya agak rusuh dalam mencari nama, maklum anaknya sedang kehabisan ide.

Penentuan Design Blog dan Logo Evventure

Nama blog baru sudah dimiliki, sekarang waktunya untuk membuat rumah bagi evventure. Waktu itu, saya memesan domain dan hosting baru di salah satu penyedia jasanya. Alhamdulillah banget waktu itu tidak sengaja saya menjapri Mbak Alma. Mbak Alma langsung tertawa, katanya ngapain pula saya membeli hosting baru, wong kapasitasnya masih banyak. Saya baru sadar ternyata apa yang dikatakan oleh Mbak Alma benar sekali, jadi deh saya membeli domain saja, coba kalau tidak tanya Mbak Alma, lumayan tabungannya jadi bocor lagi deh, hehe.

Hosting dan domain baru sudah dibeli, kini saatnya membuat design blognya. Saya masih menggunakan platform wordpress karena memang familiar dengan platform ini. Untuk tahap penentuan theme dan pengaturan awal saya serahkan sepenuhnya kepada pak suami. Lumayan juga lho kalau mendesign blog dari mentahan banget, nanti saya bagian finishing layoutnya saja. Saya mengatakan kepada pak suami agar theme blog yang dipilih memiliki tampilan warna hitam, abu, putih sebagai kesan adventure dengan background putih dan design yang minimalis namun tetap elegant. Jadilah theme gratisan dari Think Up Themes menjadi pilihan.

Sekarang tinggal menentukan logo blog evventure. Waktu itu saya mengatakan kepada pak suami agar membuat logo dengan siluet pendaki. Namun setelah diutak-atik oleh pak suami, jadinya adalah logo dengan bekas pijakan sepatu. Logo tersebut dipilih karena sepatu lebih universal, bisa menggambarkan petualangan ke gunung, laut, bahkan ke mall *LOL. Sayapun setuju untuk menggunakan logo tersebut.

Akhirnya setelah proses panjang, blog evventure.com dapat mengudara pada tanggal 19 Juni 2016

evventure

cropped-logo-evventure3.png

And then From Adventure to Evventure

Saya senang sekali akhirnya blog evventure sudah terbentuk. Kini tinggal konsisten dalam mengisi blog tersebut serta blog personal. Untuk langkah awal, saya melakukan migrasi postingan khusus adventure dari blog personal ke blog evventure. Kategori adventure di blog personal kemudian saya hapus dan mengelompokkan tulisan yang bertemakan penghijauan pada kategori green activity.

Blog evventure memiliki tiga kategori utama yaitu Adventure dengan sub kategori Mountain, Sea, Around Us dan Outside Indonesia, kemudian kategori Tips, serta Contest. Ada teman yang mengatakan mengapa kategori kontes tetap dimasukan ke blog ini? itu karena tau sendiri kan kalau saya senang mengikuti kontes blog. Nanti khusus untuk kontes blog yang bertema jalan-jalan akan saya plotkan di sini, jadi tidak bercampur dengan blog lainnya.

Begitulah sejarah terbentuknya evventure.com, saya berharap dapat konsisten dalam menghidupkan blog. Jangan sampai blog ini lumutan karena ada proses panjang dibaliknya. Terimakasih kepada teman-teman yang sudah terlibat dalam proses pembuatan evventure.com, juga kepada pak suami yang sudah mendesign blog ini dan membuatkan logonya. Yuk ah, kita semangat ngeblog. O iya jangan lupa ya follow IG evventure, insyaa Allah Iโ€™ll follow you back :D.

Follow me: @evventure

evventure

14 Comments

  1. Inna Riana

    Reply

    aaa ada namaku disebut…
    tiga blog, idup semua, tapi ngap2an haha.
    selamaatt buat evventure. aku suka proses pencarian namanya yg bikin ngikik di grup hihihi
    moga sukses buat evventure melanglang buana di dunia nyata n blog ๐Ÿ™‚

    • evventure

      Reply

      makasih ya mbak Inna atas inspirasinya hehe, keep blogging ya mbak, diriku terinspirasi dari dirimu mbak so jangan berhenti ya

  2. Reply

    Mbak Inna emang keren, bisa mengelola tiga blog sekaligus.
    Btw selamat atas blog barunya ya Mbak Evrina, dinanti postingannya ๐Ÿ˜€

    • evventure

      Reply

      terimakasih ya mbak, iya doakanagar konsisten, judul sih sudah banyak yg di list, tinggal membuat postingannya hehe

  3. Reply

    Eyaampun Eeeev.. Makasih udah disebut beneraaaan… *tutup muka
    Passionnya Evrina kerasa banget di sini. Dari mulai ide sampe semuanya kumplit. Salut!

  4. Reply

    Wah, saya belum berani ngelompokin nih.. Sudah satu sih tentang kesehatan di domain lain, tp belum tld dan belum ada logo2annya=)

    • evventure

      Reply

      Bahaha nanti klo reportase ku udah agak beres ya, bisa ditulis behind the scence nya nanti

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *