Mengatasi Jetlag Pasca Liburan Panjang

liburan-panjang

Sebagai seorang manusia yang selalu beraktivitas setiap hari mulai dari pagi hingga malam, pasti membutuhkan waktu untuk melakukan relaksasi. Hal itu bermanfaat untuk menyeimbangkan tubuh agar tetap fresh setelah berhari-hari melakukan rutinitas. Weekend menjadi waktu yang pas untuk refreshing mengembalikan kondisi tubuh, apalagi saat liburan panjang tiba. Saya termasuk yang paling semangat kalau sudah ada liburan. Liburan panjang menjadi waktu yang pas untuk melakukan hal yang tidak dapat dilakukan saat weekend saja, entah itu menekuni hobi, pergi ke tempat sanak saudara hingga pergi traveling.

Tetapi pernah lho dulu saking panjangnya waktu liburan malah membuat saya jadi jetlag pasca liburan panjang. Hal itu terjadi saat saya masuk kerja kembali, tiba-tiba saja jadi bingung apa sih yang harus saya kerjakan.

Tentu kita tidak mau dong pasca liburan panjang malah membuat kerja menjadi slow. Nah, saya ada beberapa tip yang sudah saya lakukan guna mengatasi jetlag pasca liburan panjang. Di bawah ini adalah beberapa tip dari saya.

Tip Mengatasi Jetlag Pasca Liburan Panjang

1. Buatlah catatan pekerjaan atau hal yang harus dilakukan pasca liburan dan catatan ini harus dibuat sebelum liburan dimulai.

Saya sudah membuat beberapa list pekerjaan yang harus dilakukan pasca liburan panjang baik di papan tulis di rumah, pada note smartphone hingga pada lembaran di meja kantor. Hal ini saya lakukan agar tidak lupa saat kembali bekerja nanti.

2. Sudah kembali ke rumah maksimal H-1 sebelum liburan usai.

Supaya tidak terlalu lelah saat masuk kerja atau beraktivitas, maka sisakan hari maksimal H-1 untuk beristirahat. Pada H-1 sebelum kembali beraktivitas usahakan sudah berada di rumah untuk beristirahat dan melakukan preparing.

3. Ingat yang namanya waktu tidak bisa diputar ulang kembali.

So, kalau sudah masuk kerja segera selesaikan pekerjaan yang ditinggalkan selama berlibur, jangan ditunda-tunda. Kalau pekerjaan cepat diselesaikan, nanti juga bakalan ketemu dengan liburan panjang lagi kan, paling tidak saat weekend kita jadi tidak memikirkan pekerjaan.

4. Pikirkan cita-cita ke depan yang ingin dicapai.

Nah, kalau sudah ingat rencana atau cita-cita yang ingin dicapai biasanya kita jadi semangat 45 untuk berusaha mewujudkannya. Jadi tidak ada waktu deh untuk berleha-leha. Liburannya kan sudah dilakukan, sekarang waktunya untuk bekerja.

5. Sharing dengan teman mengenai cerita liburan yang sudah dilakukan.

Bertukar cerita dengan teman mengenai liburan yang sudah dilakukan bisa menjadi alternatif untuk mengatasi jetlag. Kita bisa saling sharing dan juga support satu sama lain, bahkan bisa mendapatkan ide untuk liburan panjang selanjutnya. Tetapi jangan kelamaan juga sharingnya, nanti malah jadi ngobrol dan tidak jadi bekerja.

Seharusnya setelah liburan justru membuat kita semakin semangat untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Bukan sebaliknya, merasa lelah setelah pergi berlibur. Itu bahaya lho karena dapat mengganggu aktivitas hingga menurunkan kinerja. Jangan sampai deh nanti bos tidak meng-acc pengajuan cuti karena melihat kita lemah letih lesu pasca liburan panjang.

Oh iya, ada istilah bagi seseorang yang terkena sindrom cepat lelah pasca liburan panjang. Sumber dari www.jawaban.com menyebutkan bahwa sindrom tersebut dinamakan dengan social jetlag. Sindrom ini terjadi akibat perubahan jadwal tidur saat sedang liburan. Saat liburan banyak orang yang tidur sampai larut malam dan bangun di siang hari karena panjangnya waktu libur. Nah hal tersebut dapat mengubah irama sirkadian tubuh selama liburan sehingga tubuh harus kembali beradaptasi pada kondisi semula. Itu sebabnya agar tidak terkena social jetlag, segera atasi dan jangan sampai pasca liburan panjang malah membuat kita menjadi menurun produktivitasnya.

Baiklah teman-teman, demikian tip dari saya, semoga bermanfaat dan semoga dapat bertemu dengan liburan panjang selanjutnya. Aamiin.

Sumber Informasi:

Jawaban.com. 2015. Social Jet Lag, Penyakit Kronis Pasca Liburan. https://www.jawaban.com/read/article/id/2015/01/07/68/150107132508/social_jet_lagpenyakit_kronis_pasca_liburan. [diakses tanggal 2 Juli 2017].

14 Comments

  1. Reply

    tips nomor dau selalu aku pkai mbak. ga selalu libur panjang sih. weekend siasa pun dibiasakan minggu sore sudah tba di rumah kembali. agar malamnya bisa istirahat dan mempersiapkan diri menyambut hari senin yg biasanya hectic

  2. Hastira

    Reply

    iya terus jadi males mau ngapai-ngapain, terus ngerasa perut penuh krn segala dimakan, ih kok sebentar banget sih liburannya, hii

  3. Reply

    Pengen rasanya libur panjang dengan banyak uang, wkwkkwkw
    klo aku setuju harus ada rencana sejak awal terkait aktivitas sebelum, saat dan sesudah liburan supaya bisa mengatur ritme liburannya, heeeeeee

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *