Ayo Nak, Tahun Ini Kita Terbang ke Yogyakarta!

 

.


Setiap setahun sekali keluarga kecil kami selalu merencanakan untuk berpetualang ke tempat baru. Hal tersebut kami lakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap segala rutinitas yang kami lakukan selama setahun penuh. Alfi kecil, sang buah hati kami, juga turut merasakan hal yang sama. Setelah rajin belajar baik di sekolah dan di rumah, dia juga berhak mendapatkan waktu untuk rehat melalui perjalanan bersama keluarga.

Saya adalah orang yang paling semangat menyambut itu semua. Maklum, biasanya kalau pergi ke tempat yang agak jauh, seringnya saya lakukan sendiri, terkadang suami juga ikut tetapi hanya saat dia bisa bergabung saja. Saya tetap lebih banyak melakukan perjalanan sendiri bersama teman. Baru kemudian jika edisi petualangan bersama keluarga telah tiba, saya akan sangat senang sekali. Berbahagia bersama keluarga tentu sangat menyenangkan bukan?.

Berbagi Tugas Mewujudkan Jelajah Nusantara

Untuk mewujudkan rencana perjalanan ke destinasi yang ada di nusantara di tahun ini, kami sekeluarga kembali melakukan hal yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu melakukan rapat bersama keluarga. Rapat kecil bersama keluarga kami lakukan jauh hari sebelumnya agar tidak terlalu mepet dengan waktu keberangkatan sehingga bisa mendapatkan transportasi dan akomodasi yang terjangkau.

ย 

Saat rapat, Alfi mengajukan permintaan yang berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu dia ingin naik pesawat. Pada penjelajahan sebelumnya memang lebih sering menggunakan transportasi darat seperti bus dan kereta. Tahun 2015-2016 dia sudah pernah kami ajak untuk merasakan naik bus serta angkot saat menjelajah di sekitar Jawa Barat. Lalu di tahun 2017 kemarin, dia juga sudah merasakan asiknya menggunakan kereta api saat pergi ke Kediri di Jawa Timur.

ย 

evventure

Alfi kecil memang belum pernah naik pesawat selama ini dan setelah berdiskusi bersama suami, akhirnya kami memutuskan untuk naik pesawat saja agar pengalaman Alfi menjadi bertambah.

Mengingat yang akan pergi berjumlah tiga orang dengan menggunakan pesawat, maka budget harus disiapkan secara maksimal. Saya dan pak suami belum memutuskan kapan waktu kepergiannya serta belum memutuskan lokasi mana yang akan dituju. Dia menyarankan untuk mencari tiket pesawat saja dulu dengan kriteria terjangkau oleh budget. Baru kemudian memutuskan tanggal keberangkatan dan lokasi yang dituju sesuai dengan ketersediaan tiket pesawat.

Oke, kami kemudian berbagi tugas. Seperti biasa, saya bertugas untuk mencari transportasi maupun akomodasi selama berlibur di tempat baru. Lalu, pak suami bertugas untuk membayar hasil pencarian yang saya lakukan. Kemudian Alfi bertugas menjaga semangatnya agar tetap terjaga hingga waktu liburan tiba. Jadi, semua kebagian tugas deh.

Tahun 2017 menjelajah ke Jawa Timur dengan kereta
Tahun 2017 menjelajah ke Jawa Timur dengan kereta

Meskipun semua biaya perjalanan nanti yang membayar adalah pak suami, bukan berarti saya semena-mena memilih transportasi dan akomodasinya. Saya tetap harus memilih harga terbaik agar tidak mengganggu keuangan keluarga dan liburan tetap berjalan secara maksimal.

Awalnya saya menelusuri satu per satu harga tiket pesawat pada situs online travel agent (OTA). Agak sedikit ribet sih, karena saya harus mencatat satu per satu harga yang ditawarkan oleh masing-masing OTA lalu mencocokannya dengan budget yang tersedia. Nah, setelah berdiskusi dengan seorang teman, dia menyarankan untuk menggunakan mesin pencarian perjalanan saja yang membantu mencarikan akomodasi sesuai dengan kebutuhan.

Skyscanner

Situs pencarian perjalanan tersebut adalah Skyscanner yang mampu mengumpulkan informasi dan merangkumnya dari beberapa situs maskapai penerbangan serta OTA sehingga saya dapat dengan mudah membandingkan dan memilih trasnportasi serta akomodasi sesuai dengan kebutuhan yang saya cari. Jadi ada perbedaan jelas di sini antara OTA dengan Skyscanner.

Online Travel Agent (OTA)

OTA itu seperti travel agent konvensional pada umumnya yang menyediakan penawaran transportasi serta akomodasi tetapi hanya sebatas yang memang sudah terdapat pada masing-masing OTA saja.

Skyscannner

Sedangkan Skyscanner adalah mesin pencarian perjalanan yang telah memindai situs penerbangan, ribuan hotel, penyewaan mobil, dan agen perjalanan demi memberikan informasi terbaik termasuk perbandingan harga terbaik bagi pengguna.

Nanti setelah pengguna mendapatkan transportasi dan akomodasi yang sesuai dengan kriteria, Skyscanner akan menghubungkan pengguna secara langsung ke situs maskapai atau OTA yang menawarkan transportasi serta akomodasi tersebut.

Tahun Ini Kita ke Yogyakarta!

Oke, saya langsung mencari transportasi dan akomodasi untuk penjelajahan kami di tahun ini. Untuk tiket pesawat, pak suami mengatakan agar mencari Tiket Pesawat Garuda saja mengingat ini merupakan perjalanan pertama Alfi sehingga kami ingin memberikan dia pengalaman yang berkesan.

Saya langsung membuka situs Skyscanner, lalu memilih menu Jelajahi-Maskapai dan memilih penerbangan Garuda Indonesia. Untuk memudahkan, saya memilih tiket pulang-pergi supaya tidak repot mencari tiket lagi.

Kemudian untuk pemilihan destinasi, saya menuliksan destinasi Indonesia pada kolom tujuan dan waktu perjalanan dengan kriteria bulan termurah agar Skyscanner dapat memberikan alternatif destinasi yang dapat kami tuju sesuai dengan kriteria tiket pesawat yang murah. Maklum, budgetnya terbatas, sehingga harus menghemat anggaran.

Dari hasil pencarian dengan kriteria di atas terdapat 91 destinasi yang dapat saya pilih untuk perjalanan kami. Saya kemudian memilih destinasi Yogyakarta saja mengingat kami bertiga belum menjelajah bersama di kota gudeg tersebut.

 

skyscanner

Bulan termurah hasil pencarian dari Skyscanner menunjukkan kalau bulan April 2018 merupakan bulan dengan rata-rata harga tiket termurah. Sayangnya jika kami memilih bulan April maka akan terlalu mepet mempersiapkan semuanya.

Sambil melihat kalender, saya mencoba untuk memilih bulan September 2018 saja karena di bulan September terdapat harpitnas di hari Senin sehingga saya dan pak suami bisa mengajukan cuti atau izin satu hari saja. Begitu juga dengan Alfi, dia cukup izin tidak masuk sekolah selama satu hari saja.

Kemudian saya memilih untuk tanggal keberangkatan pada tanggal 9 September 2018 dan untuk tanggal kepulangan pada tanggal 11 September 2018. Di kedua tanggal tersebut terdapat tiket pesawat Garuda Indonesia dengan harga terendah yang sesuai dengan harapan kami.

skyscanner 2

Skyscanner kemudian memberikan beberapa alternative pemilihan tiket pesawat Garuda Indonesia yang dapat saya pilih sesuai dengan kriteria. Karena saya masih menunggu acc pak suami untuk pemesanan tiket, maka saya mengaktifkan notifikasi info harga (bergambar lonceng) agar tidak ketinggalan informasi apabila ada perubahan harga. Caranya cukup mudah, saya cukup memasukkan alamat email saja, nanti Skyscanner akan mengirimkan informasi jika ada perubahan harga.

skyscanner 3

Setelah memilih tiket pesawat Garuda sesuai dengan waktu yang diinginkan, Skyscanner kemudian mengarahkan saya kepada situs OTA yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tentu saja saya memilih yang termurah lalu segera memberikan hasil pencarian kepada pak suami untuk mempertimbangkan apakah hasil pencarian yang saya lakukan sudah sesuai.

Tanggal perjalanan, destinasi wisata, tiket pesawat sudah didapatkan melalui Skyscanner

Sekarang tinggal mencari akomodasinya masih di Skyscanner.

Asiknya di Skyscanner ini saya juga bisa langsung mencari hotel tanpa harus keluar website. Saya juga tidak perlu repot bolak-balik mengklik di sana-sini karena Skyscanner secara otomatis memberikan rekomendasi menu pencarian hotel berdasarkan destinasi dan waktu yang sudah saya tentukan sebelumnya.

Oke, kembali ke pencarian saya akan akomodasi di Skyscanner. Sama seperti saat mencari tiket pesawat, saya bisa menyaring hotel yang diinginkan berdasarkan kriteria tertentu. Kalau saya memilih hotel atau penginapan berdasarkan pemilihan harga serta jarak dari pusat kota untuk memudahkan perjalanan nanti. Setelah memilih secara seksama, akhirnya diperoleh hotel yang diinginkan sesuai dengan kriteria. Kemudian saya dapat langsung terhubung dengan situs OTA yang menawarkan hotel yang telah saya pilih.

skyscanner 5

Kepastian tanggal keberangkatan, destinasi yang dituju, tiket pesawat, dan hotel sudah diperoleh. Selanjutnya saya tinggal menyerahkan hasil pencarian kepada pak suami karena semuanya dia yang bayar hehe.

Mewujudkan Perjalanan Terbaik Melalui Skyscanner

โ€œKok cepet sih?โ€ begitu pak suami bertanya ketika saya menyerahkan hasil pencarian tiket pesawat dan hotel. Wajar sih dia bertanya seperti itu, soalnya untuk perjalanan yang sebelumnya, saya memakan waktu beberapa hari guna mendapatkan kepastian transportasi dan akomodasi yang sesuai dengan budget.

Itu karena saya menggunakan Skyscanner yang memudahkan dalam pencarian transportasi dan akomodasi terbaik. Skyscanner membantu memenuhi kebutuhan dasar para pejalan untuk memperlancar perjalanannya. Tidak hanya menyediakan informasi tiket pesawat dan akomodasi, Skyscanner juga menyediakan informasi penyewaan mobil bagi traveler yang ingin menyewa mobil saat menjelajah di tempat lain.

Skyscanner sangat membantu saya dalam menyusun rencana perjalanan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang saya rasakan ketika menggunakan Skyscanner dalam menyusun rencana penjelajahan keluarga kami, yaitu:

tiket-pesawat-garuda

Memudahkan dalam menyusun rencana perjalanan bagi pengguna yang belum memiliki tujuan karena tergantung dengan harga terbaik ketika memilih transportasi dan akomodasi. Seperti yang saya alami, karena ingin menghemat budget, maka saya memilih transportasi dulu baru kemudian menentukan waktu dan destinasi yang dituju.

Merangkum secara praktis hasil pencarian transportasi dan akomodasi sehingga pengguna memiliki banyak alternatif ketika hendak mendapatkan harga terbaik sesuai dengan kriteria tanpa harus repot membuat list terlebih dahulu dari OTA yang satu ke OTA lainnya.

tiket-pesawat-garuda 2
tiket-pesawat-garuda 3

Pengguna dapat langsung terhubung dengan penyedia jasa transportasi dan akomodasi setelah mendapatkan kriteria yang diinginkan hanya dengan satu klik saja.

Memberikan update informasi harga secara mudah melalui pemberitahuan email sehingga dapat membantu pengguna dalam memutuskan waktu pembelian.

skyscanner 9
skyscanner 4

Skyscanner memiliki banyak partner di seluruh dunia sehingga pengguna dapat bebas memilih alternatif tiket pesawat dan akomodasi kapan saja.

Never miss a flight with
Skyscanner

 

 

Selain dapat mengakses Skyscanner melalui situsnya di PC, pengguna juga dapat mendownload secara gratis aplikasi Skyscanner untuk mobile phonenya. Di dalam aplikasi Skyscanner, terdapat fitur menarik yang dapat memudahkan pengguna dalam merencanakan perjalanannya.

Fitur tersebut terdapat pada menu Telusur (Explore) di antaranya adalah Ke Mana Saja (Everywhere), Wisata Akhir Pekan (Weekend breaks), dan Penawaran Terbaik Berdasarkan Bulan (Best Deals by Month). Pada fitur ke Mana Saja, Skyscanner telah mengumpulkan penawaran penerbangan terpopuler yang dapat dipilih oleh pengguna sehingga yang tadinya mungkin belum ada rencana perjalanan, jadi memiliki rencana untuk melakukan perjalanan.

Sedangkan kalau di PC, saya suka dengan fitur Map yang dapat melihat dengan jelas perbandingan harga tiket pesawat berdasarkan wilayah secara langsung pada peta yang tersaji.

Nanti, setelah semua transportasi dan akomodasi selesai diproses, saya tinggal menyusun itinerary saja. Dulu sih seringnya kami spontan ingin berkunjung ke lokasi wisata tertentu, tetapi kali ini harus disusun dengan baik agar perjalanan jelajah nusantara tahun ini berjalan lancar.

Yogyakarta menjadi kota pertama Alfi yang akan dikunjungi dengan menggunakan moda transportasi pesawat, kami berharap dia akan senang karena keinginannya sebentar lagi akan terpenuhi. Kami masih ingat bagaimana dia tertawa bahagia saat berpetualang ke Kediri dan Blitar di Jawa Timur tahun 2017 lalu. Semoga tawa bahagianyapun juga lepas di tahun ini ketika menginjakkan kaki di Yogyakarta.

Bahagia bersama saat berada di Kediri
Bahagia bersama saat berada di Kediri

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner

22 Comments

  1. Reply

    Wehehe… Ko sama ya, akhir thn sya jg bereancana ke yogya ama keluarga di bandung… Cm rencananya pake kereta.. Aplikasi ini bisa buat nyari tiket kereta jg ga.?

  2. Mohyiyi Abas

    Reply

    Lampu gentur dekat meja,
    Bingkai perak dan tembaga.
    Serunya libur ke Jogja,
    Bawa anak keluarga.

    Pak Hasan jamu Pak Camaf, ,
    Minumnya kopi dan dawet.
    Berkesan naik pesawat,
    Pasti Alfi senang banget.

    Banyak gedung sarang walet,
    Pakai catnya dari tinner.
    Ayo nabung beli tiket,
    Pilihnya di #Scyscanner

  3. Reply

    Semoga tercapai ya Kakak Alfie naik pesawatnya…
    Siap2 ketagihan hehehe
    Saat Fahmi pertama naik pesawat ke Bali, awalnya dia mau banget. Pas sudah dekat pesawat eh, katanya takut… Sampai digendong2. Eh pas sudah naik dia wara wiri kesenangan minta ampun. Apa coba? Setelah pulang dari Bali dia ketagihan minta2 lagi kapan naik pesawat lagi… Hahaha… Dikira naik pesawat kaya naik ojek di depan rumah kali ya…

    • Reply

      Hahaha jangankan anak kecil, aku aja ketagihan pas naik pesawat mbak, suka sama bagian take offnya, mudah2an si alfi juga merasakan

  4. Reply

    Yogyakarta memang kota yang rekomen banget untuk wisata keluarga, ramah anak-anak dan ramah di kantong. Banyak pilihan wisata yang bisa dinikmati sama-sama

  5. Reply

    Wah mantep. Semoga kesampaian ke Jogja ya, Teh..
    Kemarin di Jogja juga kedatangan tamu blogger Bandung. Selain bisa kopdar mini, bisa silaturahmi dan main bareng..hehe

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *