Kick Stress Get Fresh

Itulah judul pendakian Tim Elang kali ini. Beuhhhh dari judulnya aja sudah ketauan ya kalau kita sedang pada kena stress hehe. Enggak ding, kita kepingin refreshing aja kok karena sudah jenuh banget sama tumpukan kerjaan. Apalagi mau akhir tahun, segera deh ambil jatah cuti kalian sebelum nanti ‘gak di acc. Nah dalam rangka me-refresh kembali semangat para anak elang yangs udah jenuh dengan kerjaan maka kami mencanangkan kembali kegiatan mendaki ke Gunung Gede pada tanggal 7-8 November 2015. Doakan ya semoga kegiatan kali ini lancar jaya kembali.

Sudah pada tau kan Gunung Gede ada dimana? Gunung Gede yang memiliki ketinggian 2958 mdpl ini sebagian punggungnya berada di Bogor lho. Dekat dong dari Bogor, masa iya Gunung Gede yang ada di depan mata ‘gak didaki. Baiklah kita putuskan untuk ke Gunung Gede saja meningat menimbang dan memutuskan jatah perjalanannya hanya dua hari tanpa cuti. Psssstttt cutinya disimpen buat ke Desember nanti, rencanya mau ngetrip lagi deh nyari gunung lainnya.

Waktu ke Merbabu kemarin tema pendakian kami adalah Escape and Reunion dengan seragam kaos hitam abu-abu. Nah tema kali ini biar lebih ceria, maka menggunakan warna krem tosca bergambar anak elang di atas gunung dengan kaos berwarna dasar krem dengan tangan reglan berwarna tosca. Begini lho penampakan logo dan kaosnya:

elang adventure

Pilihan logo, tadinya saya mau yang merah

elang adventure

Jadinya yang ini deh

elang adventure

elang adventure

Mbak Weyna sudah jauh hari memesan SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) melalui website Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Iya dong bookkk sekarang via online mendaki juga, canggih bener kan. Kalau urusan adiministrasi, itinerary sama perlengkapan yang harus dibawa ini mbak Wey ahlinya. Apa saja yang harus dibawa? Yang pasti ‘gak seribet ketika sewaktu ke Merbabu harus pakai kaca mata hitam dan buff-bandana untuk melindungi mata dan pernapasan karena panas dan berdebu. Trek di Gunung lebih bersahabat, banyak pohon rindang dan masih bisa menggunakan dua kaki saja tanpa trek poll (kalau di Gunung Cikuray dan Merbabu kaki dan tangan harus bergerak semua alias merambat memegangi akar).

Berikut adalah Itinerary ke Gunung Gede versi Eagle Team (eaaa keren amat hehe):

Jumat tgl 6 November
22.00 Mepo terminal kp rambutan
22.00 – 01.00 Tiba di polsek cipanas

Sabtu tgl 7 November
01.00 Mepo dgn tim elang bogor
02.00 Basecamp Gunung Putri istirahat
04.30 Persiapan pendakian sarapan sholat subuh & simaksi
05.00 Start Pendakian
06.00 Pos 1
07.00 Pos 2
08.00 Pos 3
09.00 Pos 4 buntut lutung – break
09.30 Lanjut pendakian
11.00 Pos 5 simpang maleber
11.30 Tiba di Alun-alun surya kencana
12.00 Surken barat buka tenda, maksi & acara bebas

Minggu tgl 8 November
04.00 Bangun persiapan sunrise
04.30 Start ke puncak gede 2958 mdpl
05.30 Sunrise di puncak Gede foto2
06.00 Masak sarapan di puncak
07.00 Perjalanan turun
08.00 Pos Kandang Badak ada toilet

09.00 Pos Air Panas bisa berenang
09.30 Lanjut Perjalanan dr air panas
11.30 Pos Panyanceungan per3an
12.00 Air Terjun Cibereum, Ishoma ada toilet dan bnyk yg jualan
14.00 Lanjut perjalanan turun
14.30 Foto2 di jmbtn rawa gayonggong
15.00 Foto2 di Telaga Warna
16.00 Tiba di Cibodas cuzz ke mang idi
16.15 Mang Idi makan, mandi bersih2, shopping oleh2 khas cibodas dll..
18.00 Perjalanan pulang ke bogor, jakarta dan karawang

Sekarang perlengkapan apa yang perlu dibawa? Berhubung sekarang sudah masuk musim hujan, jadi jas hujan adalah perlengkapan yang wajib banget untuk dibawa berikut perlengkapan lainnya, yaitu:

 Perlangkapan yg wajib dibawa :
1. WAJIB PAKAI SEPATU
2. Jaket windproof/waterproof
3. Sarung tangan tebal
4. Kaos kaki tebal min 2 psng
5. Baju ganti 2 stel
6. Carriel min 30L
7. Kupluk/windstoper/buff
8. Jas hujan
9. Sleeping bag WAJIB
10. Matras WAJIB
11. Trekpole
12. Alat makan : sendok piring gelas
13. Headlamp/Senter
14. Printilan outdoor lainnya
15. Logistik & cemilan & air

Kemudian untuk logistiknya disarankan membawa logistik secukupnya saja, diperkirakan untuk 3x makan digunung. Misalnya :
– Beras masing-masing 1 cangkir
– Mie instant 2 bungkus/orang
– Sayuran tahan lama: sop (buncis kol wortel kentang) kacang panjang
– Bakso/sosis/nugget
– Lauk pauk tahan lama : kering kentang/ teri kacang/ kering tempe/ abon/ serundeng/ dendeng/ krupuk dll
– Makanan kaleng sarden/kornet
– Roti/cemilan yg mengandung gula/ karbohidrat dan protein sebagai penambah tenaga
– Air secukupnya untuk minum pribadi

Sayangnya dari 20 orang anggota Tim Elang hanya 11 orang saja yang ikut ke Gunung Gede karena Tim Elang Timur (Bali, Malang dan Tuban) tidak memungkinkan untuk bergabung. Iyalah kalau mereka ke Bogor bisa bengkak duluan anggarannya hehe. Jadi hanya Tim Elang Bogor, Jakarta dan Karawang saja yang berangkat ke Gunung Gede.

Waktu ke Semeru saya benar-benar mempersiapan fisik dengan olahraga tiap minggu. Terus sewaktu ke Merbabu ‘gak sempet olah raga karena kerjaan yang “bejibun” plus packing juga dilakukan sehari sebelumnya. Stress abis deh waktu itu soalnya mefet banget berangkat hiking dengan persiapannya. Sekarang saya ‘gak mau mefet-mefet biar dijalan jadi tenang. Habis ini saya mau mulai mencicil perlengkapan yang harus dibawa. Doakan ya semoga petualangan kami kembali lancar jaya mulai dari berangkat hingga pulang bertemu keluarga. Aamiin yra.

20 Comments

  1. Weyna

    Reply

    Yeiyeyeyee… Akhirnya naik gunung yg deket, ₊(ˊᵕ͙ૣᴗᵕ͙ૣˋ) semogaa lancar dan sehat dan selamat semuanyaa amiin

  2. Reply

    Cibodas deket rumah ibuku. Dulu waktu masih kecil, temen2 kakak yg suka mendaki ke gede pangrango, nginepnya di rumahku 🙂 Take care, ya, Vin :*

  3. Reply

    ciehhh sukses ya mbak buat hikingnya…
    hee… akhir tahun benar2 sibuk banget ya mbak sma laporan berjibun heheee
    kudu butuh refreshing inihh hee

Leave a Reply to Rohmah Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *