Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Petualangan Merbabu: (4) Kembali Melalui Wekas

“Ayo cepet kita turun, sudah jam 2 nih, nanti kesorean” “Perkiraan nyampe basecamp jam berapa emang?” “Magrib kayanya kita udah nyampe soalnya kalo naik via Wekas normalnya 5 jam, berarti kalo turun lebih cepat” Itu ekspektasinya ya pemirsa, kenyataanya kita baru nyampe basecamp jam 9 malam, jauh dari perkiraan. Hah lama amat, ngapain aja? Soalnya…

Petualangan Merbabu: (3) Sabana 2-Summit Attack

Pagi itu saya bermimpi kemah di pinggir pantai. Hembusan angin pantai berkali-kali menerpa tenda tempat tidur saya. Anginnya kencang sekali hingga suara beberapa pendaki itu kemudian membangunkan saya dari mimpi. Rupanya tetangga-tetangga kami sudah mulai melakukan pendakian ke dua buah puncak yang membentang dihadapan kami yaitu Puncak Trianggulasi dan Puncak Kenteng Songo. Kelap-kelip headlamp membuat…

Petualangan Merbabu: (2) Selo-Sabana 2

Memasuki gerbang pendakian via Selo, kami disambut sekelompok LSM yang membagikan satu kantong plastik hitam untuk membawa sampah. Mereka bilang “mbak mas pendaki tolong sampahnya dibawa turun ya”, siap mbak mas juga kami pasti bawa turun, soalnya kami juga ‘gak suka kok nyampah di atas. Sewaktu pendakian ke Semeru yang lalu ada Syamsudin yang jadi…

Petualangan Merbabu: Jakarta-Selo

Percakapan di Grup Elang Adventures: “Gue rela beli Go Pro demi ke Merbabu” “Om Wilson kameranya wajib dibawa ya” “Yang bawa tenda siapa aja?” “Teman-teman jangan lupa bawa beras masing-masing satu gelas ya” “Besok gue tetap dateng, kangen kalian banget soalnya” Menjelang keberangkatan ke Semarang, grup Whatsapp Tim Elang sudah mulai ramai. Saya hanya bisa…

Escape to Merbabu, Celebrate and Reunion

Sejak kemarin smartphone saya berbunyi terus. Teng tong teng tong begitu bunyinya. Itu adalah notifikasi dari Whatsapp salah satu grup yang sejak bulan kemarin masih rame saja. Grup yang sedang ramai di smartphone saya itu berasal dari Grup Tim Elang yang sudah tidak sabar ingin hiking bareng lagi. Sudah tau kan cerita tentang Tim Elang?…

Petualangan Mahameru: (2) Ranu Pani-Ranu Kumbolo

Jarum jam sudah menunjukkan angka 16:00 WIB, hujan masih saja mengguyur daratan sekitar Ranu Pani. Namun kondisi alam tersebut tidak membuat surut langkah kami, Elang Full team lengkap dengan rain coat perlahan meninggalkan Ranu Pani menuju surga yang tersembunyi di Semeru: Ranu Kumbolo. Menurut beberapa orang teman, perjalanan ke Ranu Kumbolo sebenarnya hanya memakan waktu…

Petualangan Mahameru: (1) Jakarta-Ranu Pani

“Mba ev, Iqbal udah di stasiun nih, mba ev dimana?” “Baru aja turun angkot, bentar nih menuju stasiun” *** Akhirnya ketemu juga sama si Iqbal. Kita berdua jadi orang yang terlihat aneh di Stasiun Bojonggede saat itu lantaran membawa carrier besar (70 liter) dan berpakaian layaknya anak gunung. Kamis, 30 April 2015 memang hari yang…