Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Petualangan Rinjani: (2) Menuju Pos 3

Minggu, 1 Mei 2016. Hari sudah semakin siang, kami harus segera melakukan pendakian menuju Rinjani yang ada di hadapan mata. Setelah berfoto, berdoa, dan mengencangkan ikat pinggang, kami langsung melangkah beriringan melewati gerbang hijau bertuliskan Selamat Datang di Taman Nasional Gunung Rinjani. Bagi teman-teman yang belum membaca cerita sebelumnya, dapat menuju link di bawah ini:…

Petualangan Merbabu: (4) Kembali Melalui Wekas

“Ayo cepet kita turun, sudah jam 2 nih, nanti kesorean” “Perkiraan nyampe basecamp jam berapa emang?” “Magrib kayanya kita udah nyampe soalnya kalo naik via Wekas normalnya 5 jam, berarti kalo turun lebih cepat” Itu ekspektasinya ya pemirsa, kenyataanya kita baru nyampe basecamp jam 9 malam, jauh dari perkiraan. Hah lama amat, ngapain aja? Soalnya…

Petualangan Merbabu: (3) Sabana 2-Summit Attack

Pagi itu saya bermimpi kemah di pinggir pantai. Hembusan angin pantai berkali-kali menerpa tenda tempat tidur saya. Anginnya kencang sekali hingga suara beberapa pendaki itu kemudian membangunkan saya dari mimpi. Rupanya tetangga-tetangga kami sudah mulai melakukan pendakian ke dua buah puncak yang membentang dihadapan kami yaitu Puncak Trianggulasi dan Puncak Kenteng Songo. Kelap-kelip headlamp membuat…

Petualangan Merbabu: (2) Selo-Sabana 2

Memasuki gerbang pendakian via Selo, kami disambut sekelompok LSM yang membagikan satu kantong plastik hitam untuk membawa sampah. Mereka bilang “mbak mas pendaki tolong sampahnya dibawa turun ya”, siap mbak mas juga kami pasti bawa turun, soalnya kami juga ‘gak suka kok nyampah di atas. Sewaktu pendakian ke Semeru yang lalu ada Syamsudin yang jadi…

Jelajah Gunung Cikuray

Seminggu yang lalu saya dan teman-teman kantor yang tergabung dalam MountSea Adventour kembali melakukan pendakian untuk merefresh semangat kami disela-sela kesibukan kerja. Layaknya Komunitas Pendaki Kantoran (KPK) yang kami ikuti, maka perjalanan akan dimulai selepas kami bekerja. Walaupun sudah lelah tetapi mengingat kami akan mendaki maka perasaan senang dan bahagia saat itu mampu menutupi semua…

Menanam Impian di Gunung Prau

Malam itu saya dan teman-teman sudah tiba di Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo. Dengan menggunakan bis, kami bertolak dari Bekasi selama lebih dari 12 jam hingga akhirnya tiba di Magelang untuk melakukan rafting di Sungai Elo terlebih dahulu. Namun tujuan utama saya mengikuti petualangan ala grup Vertical Adventure ini sebenarnya adalah untuk menjelajahi Gunung Prau…