Petualangan ke Korea Selatan (Final): Myongdong-Bibab Show-Back to Indonesia

korea-selatan

Alhamdulillah akhirnya tiba juga di tulisan terakhir rangkaian petualangan ke Korea Selatan. Hari terakhir lebih banyak di isi dengan kegiatan belanja-belanji mencari oleh-oleh dan ditutup dengan melihat Bibab Show.

Pagi hari sekali saya sudah bangun dan kembali berjalan-jalan di sekitar trotoar hotel. Kali ini saya memakai sweater kuning yang dibeli pada hari kemarin. Saat itu suhu udara tidak terlalu dingin sehingga saya kuat memakai sweater kuning tersebut. Tak berapa lama kemudian rombongan datang bersama dengan Mr Guide dan akhirnya kami semua naik ke bis untuk menuju destinasi pertama.

Tujuan kami saat itu adalah mengunjungi Jeil Amethys yang menjual perhiasan untuk kesehatan dari batu ametis. Warna batu ini cantik sekali yaitu berwarna ungu, tapi tetap saja tidak menarik perhatian saya. Pengalaman membeli perhiasan waktu di Beijing dulu akhirnya tidak terpakai. Saya hanya asik mendengar penjelasan dari pihak toko sambil melihat wajah sebagian teman-teman yang kelihatan tertarik sekali untuk membeli (tapi tidak untuk bapak-bapak yang sejak tadi khawatir melihat dompetnya hehe).

korea-selatan

korea-selatan

Sambil menunggu mereka yang berbelanja, saya dan beberapa orang teman turun ke luar jalan sambil melihat keadaan di sekitar. Ternyata di sana ada mobil penjual oleh-oleh dan kami tertarik untuk membeli beberapa buah pernak-pernik lagi karena hitungannya termasuk murah. Setelah itu baru deh kami banyak berfoto di sekitar gedung yang terlihat masih sepi itu.

korea-selatan

Oke rombongan yang belanja batu ametis sudah keluar, saatnya melanjutkan perjalanan. Karena judulnya adalah belanja, maka destinasi selanjutnya adalah ke sebuah maal yaitu Donghwa Duty Free. saya sempat berganti jaket dulu karena ternyata semakin siang bukan makin hangat, tetapi malah dingin.

Di supermarket ini sepertinya tidak ada yang belanja karena memang lebih banyak kosmetik yang dijual. Kami agak lama di sana dan cukup membuang waktu padahal tidak ada yang dilakukan. Kalau saya sih tentunya mencari foto suasana di sekitar. Ternyata di sini banyak juga wisatawan yang mengalami hal serupa, mereka tampak bosan menunggu untuk berganti ke destinasi lain.

korea-selatan

Beruntung Mr Guide cepat datang menjemput kami. Kami dipersilahkan keluar dan menunggu di pinggir jalan karena bis agak susah memarkirkan kendaraan. Rupanya di dekat Donghwa sedang ada demonstrasi terkait turunnya presiden Korea Selatan. Para polisi terlihat berjaga di sekitar sambil memblokir beberapa jalan. Saya memanfaatkan moment tersebut untuk berfoto di halte bus. Lagi-lagi ini karena drama Korea hehe.

korea-selatan

korea-selatan

Dari Donghwa, kami diajak menuju Myongdong yang merupakan sebuah komplek pertokoan besar yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Di sini kita bisa membeli coat, pakaian, kosmetik, jajanan dan lain-lain. Kalau mau membeli jajanan harus hati-hati ya, dlihat dulu bahannya terbuat dari apa. Saya tidak membeli apa-apa lagi di sana soalnya sudah terlalu bingung dengan banyaknya orang. Hanya sekotak strawberry segar saja yang berhasil menarik perhatian saya.

korea-selatan

korea-selatan

Saya agak lupa, sepertinya dari Myeongdong kami langsung berjalan menuju tempat berlangsungnya Bibab Show. Kami melewati sebuah sungai yang mengalir di dalam kota. Amazingnya dengan sungai ini adalah, air tetap jernih meskipun berada di dalam kota. Coba bandingkan dengan sungai yang ada di tempat saya, butek, banyak sampah bahkan menghitam. Bisa begitu ya?.

korea-selatan

Tak berapa lama, kami akhirnya tiba di lokasi Bibab Show. Ini semacam pertujukan theatrical gitu. Sayangnya tidak boleh di foto atau di videokan, yang pasti keren deh konsep acaranya. Saya senang bisa melihat nuna dan oppa secara langsung meskipun mereka bukan artist seperti yang sering dilihat di serial drama. Tapi acting, menyanyi, kemampuan dancing patut diacungi jempol.

korea-selatan

Dari Bibab Show, kami diajak makan malam di sebuah tempat yang menyajikan pizza ala Korea. Terus terang saya sudah tidak terlalu bernafsu dan sudah kangen sekali dengan masakan Indonesia. Ternyata begitu ya, walaupun senang sekali berada di negara orang, ternyata tetap rindu akan kampung halaman. Sayang sekali pizza yang disajikan tidak dapat kami habiskan. Kami memilih untuk segera kembali ke kamar masing-masing lantaran sudah sangat lelah sementara besok jam 5 pagi kami harus sudah berangkat dari hotel.

korea-selatan

Keesokan hari, akhirnya kami mulai meninggalkan hotel. Suhu udara saat itu masih sangat dingin. Setelah shalat subuh di bis, kami langsung berangkat menuju bandara karena penerbangan kami saat itu sekitar pukul 10 pagi. Sebelumnya, kami diajak untuk sarapan mie udon. Wah saya senang sekali makan mie udon walaupun kalau di Korea rasanya agak hambar. Beda dengan mie Udon yang ada di Indonesia cenderung gurih dan berkuah sedap. Di sana kami juga bisa berbelanja snack untuk oleh-oleh beserta pernak-pernik lagi kalau memang terasa masih kurang.

korea-selatan

Akhirnya waktu untuk berpisah dengan Korea Selatan telah tiba. Kami semua tiba di Bandara Incheon dan berpisah dengan Mr Guide. Saat itu suasana bandara terlihat ramai oleh para wisatawan yang ingin pulang ke negara masing-masing. Pesawat Garuda Indonesia yang membawa kami ke Indonesia saat itu tidak mengalami delay sehingga kami tiba di Indonesia tepat pada waktunya.

korea-selatan

Terima kasih Korea Selatan, semoga suatu hari nanti saya bisa kembali ke sana untuk mengunjungi destinasi lainnya. Harapannya nanti lebih ke backpacker supaya tidak terlalu terikat dengan program dari pihak travel. Semoga teman-teman yang memiliki mimpi yang sama juga bisa ke Korea Selatan dalam waktu dekat ya. Aamiin.

Related Post

11 Comments

  1. Rahmawatie

    Reply

    Sungainya jernih banget. Pasti ga ada bau-bau seperti sungai di kota-kota Indonesia ya mbak. Banyak orang yang jalan di sisinya.

  2. Reply

    yg sungai tengah kota itu aku jg kesana, tp pas malam… itu juga ngeliat dr atas doang, ga turun mba.. krn udh kecapean belanja waktu itu ;p.. Bagus yaa… pdhl pgn rasain airnya… dingin bgt pasti..

  3. Pingback: Langkah Kaki ke Pulau Derawan, Taman Si Billy dan Pasir Sanggalau

  4. Reply

    Pedes – pedes gak mba makanan disana…? *kepo hehe.
    Bibap show nya sayang banget dilarang difoto. Padahalkan aku kepo pengen liat artist nya hehe. Itu show nya kayak theaterical ttg masak2 gitu mba? Soalnya fotonya kayak topi koki.

  5. Reply

    Suka banget artikel disini,ada foto oppa Lee min hoo,ada sungai bersih, ada udon, pengen ke korea juga mba. Semoga bisa ya mba, atau sama-sama berangkatnya,amiiin.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *