Sahabat Evventure: Rurohma.com

rurohma

Halo sahabat evventure, selain saya yang suka jalan-jalan, saya juga ingin menuliskan kisah teman lainnya yang juga suka jalan-jalan dan menuliskan kisahnya ke dalam blog. Sahabat yang ingin saya tulis kali ini bernama Rohma, nama panggilannya, seorang gadis yang suka menulis dan jalan-jalan tentunya. Rohma saat ini tinggal di Jember, Jawa Timur. Selain suka menulis dan traveling, dia juga bekerja sebagai design grafis di salah satu penerbitan buku di Kota Jember. Saya sudah menanyakan beberapa hal kepada Rohma, berikut ini adalah hasilnya.

Perjalanan Menulis Blog

Rohma mulai menulis di di blog sejak duduk di bangku MTS kelas 2 sekitar tahun 2009. Saat itu dia mengatakan kalau hanya mengcopas beberapa artikel yang dia suka dari beberapa website dan menuliskannya di blog. Beranjak ke kelas 3 aliyah (SMA) tahun 2013 saat akhir masa sekolah, Rohma mulai membuat blog yang lebih serius di coretanrohmazha.blogspot.com. Blog tersebut menjadi tempat untuk memposting artikel dan makalah yang pernah dia buat saat sekolah bersama kelompok pondok ramadhan. Alasannya karena mungkin temanya dapat dipakai saat adik-adik ikut safari Ramadhan sekaligus dapat menemukan jejak kakak kelasnya.

Kemudian pada tahun 2014, Rohma hanya membuat postingan yang sesuai dengan mood saja Soalnya masih mencuri waktu posting di sela-sela jam bekerja kalau kebetulan bosan. Baru kemudian di tahun 2015 menjadi puncak Rohma mengawali dan memutuskan untuk menjadi blogger. Dan seingatnya, katanya sih sosok Evrina alias saya sendiri yang menjadi salah satu alasan Rohma ingin β€˜menjadi’ blogger sesungguhnya. Sejak itu Rohma mulai join ke berbagai grup-grup blogger di Facebook dan mulai mengikuti event lomba apapun selagi temanya dapat dikuasai.

Di tahun 2016 akhirnya Rohma dapat membeli domain sendiri untuk blogspotnya berkat β€˜dikomporin’ oleh mbak-mbak blogger yang ada di grup arisan link 3 BP (Blogger Perempuan. Kemudian di tahun antara 2016-2017, Rohma mulai memiliki keinginan untuk banyak menggali ilmu terkait dunia blogger, baik di blogspot atau di WordPress.

Kesulitan Saat Ngeblog

Kesulitan saat ngeblog tentu ada ya, di tahun 2014 Rohma hanya memiliki perangkat pendukung ngeblog yang terbatas. Dia lebih sering memanfaatkan komputer dan internet di tempat kerja. Sedangkan di tahun 2015 Rohma mulai mempersenjatai dirinya. Di bulan Mei 2015 dia ikut lomba blog dan berhasil mendapatkan satu buah smartphone. Kemudian di bulan April 2017 laptop yang diimpikan akhirnya terwujud, Rohma jadi lebih leluasa untuk menulis ketika kedua perangkat tersebut sudah dimiliki.

 

Cara Menghidupkan Semua Blog Agar Update Terus

Memiliki jumlah blog yang cukup banyak merupakan tantangan karena ada niche tertentu yang ingin dibangun. Cara Rohma menangani masing-masing blog di antaranya adalah:

  1. Khusus untuk blog yang sudah domain .com, diusahakan untuk tidak share yang bersifat curhat. Blog tersebut menjadi blog utama dan diisi kalau ada lomba tertentu yang memang ingin diikuti. Kemudian kalau ada tema menarik yang sekiranya pantas dan orang lain boleh tahu, maka akan dishare di blog utama. Selain itu, diposting di blog lainnya.
  2. Untuk blog yang khusus literasi, akan diusahakan untuk nggak absen posting maksimal 3 bulan itu ada artikelnya. Karena meskipun sering membaca buku, untuk eksekusi hasil review di blog masih sering malas untuk menuliskannya. Jadi, sebelum mencapai 3 bulan, Rohma harus sudah memposting review atau sinopsis buku apapun di ar-kipas.blogspot.com.
  3. Untuk blog berdomain di WordPress akan ditulis tentang tema yang Rohma kuasai di tempat kerja, lebih ke design grafis.

Sekarang ke Travelingnya, Lebih Suka Pantai atau Gunung?

Ternyata Rohma lebih senang ke gunung karena banyak pepohonan yang dapat dilihat serta pemandangan indah dari ketinggian. Sedangkan ke pantai agak kurang terlalu suka karena kurang bisa mengeksplore serta memang tidak bisa berenang sehingga pergi ke gunung menjadi pilihan.

Jika dikabulkan keinginannya mengunjungi suatu tempat, kira-kira mau kemana?

Kalau untuk dalam negeri, Rohma ingin pergi ke Lombok. Dia ingin belajar berenang di sana, ditambah dengan pemandangan pantai dan alam di Lombok sangat indah. Sedangkan untuk destinasi luar negeri, Rohma ingin mengunjungi Singapura. Sejak dulu Rohma sudah kagum dengan Singapura setelah guru olahraganya saat di Aliyah mengatakan kalau mayoritas penduduk Singapura itu sadar akan kebersihan, pulaunya kecil, tapi mereka terkenal dengan kebersihannya. Begitu.

Apakah Pernah Nekad Ingin Pergi ke Suatu Tempat?

Rohma pernah nekad ingin pergi ke suatu tempat yang mungkin orang lain mengganggap hal tersebut biasa, namun menjadi pengalaman tak terlupakan bagi Rohma.

Pertama waktu Rohma ke BJBR, Probolinggo. Traveling ke Probolinggo terjadi gara-gara rencana perjalanan yang gagal ke Ledokombo. Jadi, daripada liburannya sia-sia, Rohma memilih jalan-jalan ke Probolinggo yang ujung-ujungnya pulang kehujanan dari tempat wisata sampai rumah.

Kedua waktu ke Boyolali. Berkat keingintahuan seperti apa Boyolali seperti dan penasaran ingin bertemu teman blogger, akhirnya malah ikut Kelas Inspirasi Boyolali sekaligus meetup bersama teman-teman blogger. Salah satu hal yang tak pernah aku bayangkan bisa ketemu mereka, dan bonus bisa ketemu blogger lainnya.

Hmmm seru juga perjalanan Rohma ngeblog dan keinginan travelingnya. Rohma memiliki keinginan untuk dapat membagikan informasi atau artikel yang bermanfaat kepada orang lain. Untuk materi yang didapatkan dari hasil ngeblog merupakan bonus dari serangkaian harapan-harapan yang ada. Rohma memiliki pesan untuk teman-teman lainnya yaitu:

Menulislah apa yang ingin kamu tulis dan apa yang kamu ketahui serta ingin kamu bagikan. Paling tidak, tulisan tersebut bisa mengandung benang merah yang ingin kamu sampaikan dan diambil oleh para pembaca.

Jadi blogger itu nggak akan jauh-jauh dari dua kegiatan ini, menulis dan membaca. Masalah ilmu SEO dan lainnya bisa didapat kalau rajin melakukan keduanya kok. Lebih-lebih bisa kenal banyak orang, dan menjalin silaturrahmi dengan mereka.

Oke sekian informasi mengenai sahabat evventure kali ini. Apabila ingin mengenal Rohma lebih jauh dapat menghubungi alamat di bawah ini. Sampai jumpa lagi.

Website: http://www.rurohma.com/

Facebook: https://www.facebook.com/shinigami.haruka

Twitter: https://twitter.com/Rohmahdg

Instagram: https://www.instagram.com/rohmahdg/

3 Comments

  1. Reply

    Jadi grogi namaku nampang di blog eventurnya Mbbak Evrina πŸ˜‚
    Smoga biaa bermanfaat bagi pembaca.
    Senang banget bisa kenall Mbak Evrina.
    Suwun yaa mbak 😍😍😍😍😍😍

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *