Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Ingin Berlibur ke Cirebon? Tempat di Bawah ini Bukan Hanya Hits, tapi Memiliki Ceritanya Sendiri!

cirebon

Akhir Desember nanti sepertinya saya belum bisa pergi terlalu jauh untuk liburan. Padahal rencananya saya mau mengunjungi teman di Kediri sekaligus trekking cantik ke Gunung Kelud. Maklumlah, sudah lama banget kan belum naik gunung lagi. Terakhir ke gunung itu sewaktu ke Rinjani kemarin. Sejujurnya semangat saya membara untuk mendaki lagi, apa daya keadaan belum memungkinkan. Selain karena faktor alam, juga tumpukan tugas di bulan Desember harus segera di selesaikan. Itu sebabnya kemarin pak suami memberikan saran, mengapa tidak liburan ke Cirebon saja sekalian menginap gratis di rumah dinas hehe.

Teman-teman sudah pernah datang ke Cirebon? atau malah belum pernah sama sekali? Kota Cirebon yang memiliki julukan sebagai Kota Wali ini selalu menarik perhatian banyak pengunjung karena latar belakang yang bersejarah. Selain itu, kota ini sudah banyak berkembang sehingga banyak sekali hotel yang sudah berdiri di Cirebon.

Jika teman-teman ingin berlibur ke Cirebon, pastikan untuk mencari penginapan yang nyaman dan sesuai dengan budgetnya ya. Pilihan hotel di Cirebon bisa dicari melalui website. Jadi teman-teman bisa memesannya terlebih dahulu via online sebelum berangkat ke Cirebon. Praktissss!.

Nah, apa saja sih yang menarik di Cirebon? Berikut ini adalah lima tempat yang menjadi highlight di Cirebon. Kira-kira, setelah membaca ini. Apakah teman-teman siap datang ke sana? eh, saya juga jadi pingin soalnya belum pernah juga, maklum merantau di Cirebonnya hanya sesaat jadi belum mengeksplor lebih jauh.

1. Taman Sari Gua Sunyaragi

Jika datang ke sini, katanya kita akan dihadapkan pada dua pilihan yaitu ingin enteng jodoh atau sulit jodoh? Tempat yang berlokasi diย  Jl. Brigjen Darsono, Kel. Sunyaragi, Cirebon, ini, merupakan cagar budaya yang dulunya, didirikan oleh Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon pada tahun 1703.

Cirebon

Sumber: instagram/Siochoy

Jika teman-teman ke sana, maka akan melihat tempatnya yang mahaluas karena memiliki lahan kira-kira seluar 1,5 Ha. Wuih! Pastikan teman-teman mengajak guide setempat jika hendak ke sana, karena konon, menurut mitos yang beredar, ada beberapa hal yang jika dilakukan dapat membuat jadi enteng jodoh, tapi juga sebagian hal dapat menjadi sulit didatangkan jodoh. Hanya mitos, sih. Tapi takut juga kan, kalau salah bersikap ๐Ÿ˜€

2. Masjid Jagabayan

Jalan Karanggetas adalah jalanan yang sebisa mungkin tidak akan pernah dilewati banyak pejabat, artis, atau siapa pun yang memiliki ilmu hitam atau ilmu ‘lebih” lho. Dan mungkin juga bukan tempat asyik untuk dikunjungi wisatawan. Tapi ketika kita ke Cirebon, masa mau melewatkan tempat yang satu ini?

Kabarnya, jika seseorang yang memiliki sebuah kesaktian, setinggi apa pun ilmu tersebut, akan luntur begitu saja saat melewati Jalan Karanggetas. Apalagi kesaktian yang beraliran hitam, jalan ini semacam jalan penyucian diri di mana ilmu tersebut akan luntur.

Jika kita datang ke sini, kita bisa mengunjugi Masjid Jagayaban yang konon di masa lampau sering dijadikan sebagai tempat ibadah para Wali. Berani melewati jalan ini? Siapa takut!

Cirebon

Sumber: Cirebonupdate.com

3. Banyu Panas Palimanan

Pernah datang ke pemandian air panas di kota lain? Bagaimana dengan pemandian yang ada di sini? Di Cirebon, Banyu Panas Palimanan ini merupakan pemandian air panas yang unik. Jika kita datang ke sini, maka akan melihat bahwa posisi mata airnya selalu berpindah tempat.

Selain itu jika kita mandi di sini, air belerang yang sangat kuat dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Kitapun bisa mandi sambil melihat pemandangan alam yang serba hijau dan asri. Untuk datang ke sini, biaya masuknya dihargai cukup murah, yaitu hanya di bawah sepuluh ribu rupiah. Nah. Bersiaplah berendam air panas di Banyu Panas Palimanan!

4. Taman Ade Irma Suryani Nasution

Tahu kan, siapa Ade Irma Nasution? Peresmian nama ini dilakukan pada tahun 1966, dan sampai saat ini menjadi taman rekreasi terbesar di Cirebon. Namanya yang begitu akrab di telinga, membuat kita akan merasa terpanggil untuk ke sana.

Di sana, ada juga kebun binatang mini dan kamu bisa berkeliling taman sepuasnya. Kapan lagi bisa main di taman, kan?

Taman Ade Irma ini, lokasinya berdekatan dengan pelabuhan Cirebon. Nah, jika datang ke sini, kita bisa menikmati pemandangan pantai dari kejauhan, sambil mendengarkan iringan musik yang selalu diadakan rutinan setiap akhir pekan.

Cirebon

Sumber: adiitoo.com

5. Wisata Kuliner

Ada banyak makanan khas Cirebon dan banyak makanan unik yang tidak boleh dilewatkan. Selain itu, batik Cirebon yang begitu terkenal juga jangan sampai dilewatkan ya. Jika ingin membeli barik, teman-teman bisa datang ke Kampung Batik Trusmi yang berlokasi di Kecamatan Plered, Cirebon. Ada banyak aneka batik yang bisa dipilih untuk buah tangan dan juga untuk diri sendiri. Jangan sampai kalap belanja tapi ya hehe.

Hmmm… apa nanti Desember ke Cirebon saja ya sesuai saran pak suami? tapi pingin ke Kediri juga. Yo wes, we’ll see disesuaikan saja dengan kondisi nanti, yang penting tugas dan laporannya diselesaikan dulu supaya tenang liburannya di bulan Desember nanti.

Note: This article is Modified Content Placement, for more information please read Disclosure

 

Related Post

18 Comments

  1. Reply

    Duuuhh…saya pernah ke Cirebon tapi cuma sempat kulineran di Jl. Tuparev, ngopi di depan Garage Mall, sama nonton Deadpool di XXI CSB. Sebenernya sih nonton itu tujuannya nyari tempat buat istirahat dan tidur bentar karena nggak ada budget buat bayar penginapan. =D

  2. Reply

    Aku udah dari dulu banget pengen nyobain jalan jalan ke Cirebon, sayangnya belum.juga nemu kesempatan yang pas. Hmm. … mudah mudahan akhir tahun ini diberi kesempatan untuk ke Cirebon ya. Aamiin.

  3. Reply

    tgl 9 besok aku mw ke solo, dan rencananya mau mampir cirebon dulu :D.. Kulineran mbak.. ;p aku penasaran pgn icip nasi jamblangnya itu :D.. slama ini kalo ke solo jrg mampir cirebon, cuma ngelewatin aja

  4. Ikrom Zain

    Reply

    Ke Cirebon cuma ke Makam Sunan Gunung Jati. Sayang, banyak pengertiannya
    Tapi pengen eksplor ke sana lagi buat kepoin bahasa Cirebon yg unik krn campuran Jawa dan Sunda
    Btw artikel menarik mbak

  5. Reply

    oh my kangen mau ke Cirebon *berbinaarrr*
    kangen sama empal gentong, udah lama banget kak ga ke Cirebon ๐Ÿ™

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *