Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pendakian Gunung Guntur: Basecamp-Pos 3

Setelah sekian lama dan sejak direncanakan tahun lalu, akhirnya hari Sabtu tanggal 30 Januari 2016 kemarin saya dan teman-teman mendaki ke Gunung Guntur. Gunung yang memiliki ketinggian 2249 mdpl dan tiga puncak ini sudah menyita perhatian saya berkat kecantikannya. Gunung pink, begitu saya menyebutnya karena jika sedang hijau dan rimbun (sekitar bulan Mei-Juni), gunung ini…

Ngebolang ke Gunung Padang

Terakhir melakukan aktivitas outdoor ke gunung yaitu bulan kemarin sewaktu ke Gunung Gede. Dapat dibilang saya kapok untuk mendaki ke sana lagi, soalnya medannya panjang apalagi kemarin sedang musim hujan, dari awal sampai puncak saya kehujanan terus. Saya dan teman-teman jadi kedinginan meski sudah memakai jaket dan jas hujan. Terus kalau kepingin jalan-jalan ke gunung…

Petualangan Gunung Gede: Puncak Gunung Gede-Kembali Pulang

“Nasi uduk-nasi uduk……” Terdengar suara penjual nasi uduk dari balik tenda. Rupanya sekarang sudah pukul 6 pagi. Saya tidak sanggup bangun karena badan, kaki dan tangan sakit semua. Setelah cukup beradaptasi dengan keadaan, saya, Ka Yiyi dan Iqbal yang berada dalam satu tenda langsung bangun. Secara bergantian kami melakukan shalat shubuh (meskipun sudah siang hehe)….

Petualangan Gunung Gede: Gunung Putri-Surya Kencana

Akhirnya kami tiba juga di Base Camp Gunung Putri. Suasana saat itu cukup dingin ditambah dengan hujan yang lebat. Kami langsung melakukan repacking dan melengkapi diri dengan jas hujan lengkap. Saya menganjurkan agar teman-teman menggunakan jas hujan lengkap (kalau bisa jas hujan baju dan celana) agar pakaian yang kita gunakan tidak basah yang membuat kita…

Petualangan Merbabu: (4) Kembali Melalui Wekas

“Ayo cepet kita turun, sudah jam 2 nih, nanti kesorean” “Perkiraan nyampe basecamp jam berapa emang?” “Magrib kayanya kita udah nyampe soalnya kalo naik via Wekas normalnya 5 jam, berarti kalo turun lebih cepat” Itu ekspektasinya ya pemirsa, kenyataanya kita baru nyampe basecamp jam 9 malam, jauh dari perkiraan. Hah lama amat, ngapain aja? Soalnya…

Petualangan Merbabu: (3) Sabana 2-Summit Attack

Pagi itu saya bermimpi kemah di pinggir pantai. Hembusan angin pantai berkali-kali menerpa tenda tempat tidur saya. Anginnya kencang sekali hingga suara beberapa pendaki itu kemudian membangunkan saya dari mimpi. Rupanya tetangga-tetangga kami sudah mulai melakukan pendakian ke dua buah puncak yang membentang dihadapan kami yaitu Puncak Trianggulasi dan Puncak Kenteng Songo. Kelap-kelip headlamp membuat…

Petualangan Merbabu: (2) Selo-Sabana 2

Memasuki gerbang pendakian via Selo, kami disambut sekelompok LSM yang membagikan satu kantong plastik hitam untuk membawa sampah. Mereka bilang “mbak mas pendaki tolong sampahnya dibawa turun ya”, siap mbak mas juga kami pasti bawa turun, soalnya kami juga ‘gak suka kok nyampah di atas. Sewaktu pendakian ke Semeru yang lalu ada Syamsudin yang jadi…