Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Empat Hari di Palembang: Meliput Pameran Indoor

Setelah semua komoditas pameran dan teknologi unggulan diabadikan, saya dan Bu Nunik masih harus meliput kegiatan di Pameran In door serta Panggung Utama. Saat itu kami lebih memilih untuk berangkat ke pameran in door saja karena target utama adalah meliput stand pameran Kementerian Pertanian (Kementan). Saya tentu senang karena pameran in door lebih nyaman lantaran…

Empat Hari di Palembang: Meliput Gelar Teknologi

Sebenarnya saya masih ada pe er untuk menulis minimal enam buah artikel lagi untuk PUSTAKA (target mnimal 10 tulisan), tapi karena baru saja sampai di Bogor dan baru adaptasi lagi jadi mending saya menulis behind the scenenya saja ya. Jadi ceritanya setelah hari pertama saya tepar abis karena kurang tidur dan kelahan, syukur Alhamdulillah dihari…

Empat Hari di Palembang: Jakarta-Jakabaring

Saya senang sekali ketika pihak dari PUSTAKA meminta saya untuk meliput kegiatan Hari Pangan Sedunia ke-35 (HPS) di Palembang. Saya ditugaskan untuk membantu PUSTAKA menulis sebanyak-banyaknya mengenai kegiatan HPS yang nanti akan ditayangkan pada Website PUSTAKA dan juga dicetak dalam album pelaksanaan HPS. Tanpa pikir panjang, saya langsung menyanggupi permintaannya dan bersiap menuju Palembang setelah…

Meniti Sejarah di Ambarawa

Ketika masih berada di Semarang, saya memita kepada orang tua untuk diantar ke Ambarawa. Sejak dulu saya ingin sekali mengunjungi Ambarawa yang terkenal akan sejarahnya itu. Tapi Bapak Mamah sepertinya tidak tertarik karena Ambarawa sudah tidak asing lagi bagi mereka. Namun pada kesempatan kali ini saya berhasil memaksa orang tua serta keluarga untuk mengantarkan saya…

Bergaya atau Demi Keselamatan?

Waktu ke Merbabu kemarin saya merasa sedikit berbeda dari gaya hiking biasanya. Kalau pada kegiatan sebelumnya, saya tidak memaakai aksesoris berlebihan. Itu karena saya merasa risih jika harus berdandan dan memakai aksesoris ketika berada di alam terbuka. Ceritanya saya kepingin seperti Nadine Chandrawinata yang gayanya free tapi tetap terlihat cantik dan tak perlu ribet bawa ini itu…

Petualangan Merbabu: (4) Kembali Melalui Wekas

“Ayo cepet kita turun, sudah jam 2 nih, nanti kesorean” “Perkiraan nyampe basecamp jam berapa emang?” “Magrib kayanya kita udah nyampe soalnya kalo naik via Wekas normalnya 5 jam, berarti kalo turun lebih cepat” Itu ekspektasinya ya pemirsa, kenyataanya kita baru nyampe basecamp jam 9 malam, jauh dari perkiraan. Hah lama amat, ngapain aja? Soalnya…

Petualangan Merbabu: (3) Sabana 2-Summit Attack

Pagi itu saya bermimpi kemah di pinggir pantai. Hembusan angin pantai berkali-kali menerpa tenda tempat tidur saya. Anginnya kencang sekali hingga suara beberapa pendaki itu kemudian membangunkan saya dari mimpi. Rupanya tetangga-tetangga kami sudah mulai melakukan pendakian ke dua buah puncak yang membentang dihadapan kami yaitu Puncak Trianggulasi dan Puncak Kenteng Songo. Kelap-kelip headlamp membuat…

Petualangan Merbabu: (2) Selo-Sabana 2

Memasuki gerbang pendakian via Selo, kami disambut sekelompok LSM yang membagikan satu kantong plastik hitam untuk membawa sampah. Mereka bilang “mbak mas pendaki tolong sampahnya dibawa turun ya”, siap mbak mas juga kami pasti bawa turun, soalnya kami juga ‘gak suka kok nyampah di atas. Sewaktu pendakian ke Semeru yang lalu ada Syamsudin yang jadi…

Petualangan Merbabu: Jakarta-Selo

Percakapan di Grup Elang Adventures: “Gue rela beli Go Pro demi ke Merbabu” “Om Wilson kameranya wajib dibawa ya” “Yang bawa tenda siapa aja?” “Teman-teman jangan lupa bawa beras masing-masing satu gelas ya” “Besok gue tetap dateng, kangen kalian banget soalnya” Menjelang keberangkatan ke Semarang, grup Whatsapp Tim Elang sudah mulai ramai. Saya hanya bisa…